Halo sobat blogger.saya akan membahas tutorial membuat aplikasi
Augmented Reality di Android menggunakan Unity 5 dan Vuforia 5.tentang cara membuat
aplikasi Augmented Reality berbasis Android menggunakan Unity 5 dan
Vuforia 5.
Ok langsung aja berikut adalah alat dan bahan :
- Unity, dalam tutorial kali ini saya menggunakan Unity 5.1.1f1. Unity dapat didownload di sini.
- Vuforia SDK, dalam tutorial ini saya menggunakan vuforia-unity-5-0-5. Vuforia dapat didownload di sini. Pilih 'Download for Unity'.
- Android SDK, ini adalah tools wajib untuk membuat aplikasi android. Dapat didownload di sini.
Langsung saja kita masuk ke tutorial. Namun sebelum masuk ke tutorial
Anda dapat mendownload projectnya terlebih dahulu pada link di bawah.
Klik disini untuk mendownload project
Langkah 1 : Buka Unity dan buat project baru
|
Blank project unity |
Langkah 2 : Ubah project ke Android
|
Ubah project unity ke android |
Jangan lupa untuk melakukan pengaturan pada player setting
|
Pengaturan player |
Atur nama company dan nama aplikasi
|
Atur nama company dan nama aplikasi |
Dan juga pengaturan bundle identifier
|
Atur bundle Identifier |
Langkah 3 : Import Vuforia SDK dengan double klik
|
Double click Vuforia SDK |
Centang semua elemen import
|
Centang semua untuk import Vuforia SDK |
Langkah 4 : Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene, delete Main Camera.
|
Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene |
Vuforia mensuport debugging di PC menggunakan camera webcam. Tapi jika
hardware belum di support Vuforia Anda dapat menonaktifkan fitur ini.
|
Disable 'Don't use play mode' jika error |
Jangan lupa save scene dengan Ctrl + S setiap melakukan perubahan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan
Langkah 5 : Definisikan marker dengan klik ImageTarget kemudian klik 'No targets defined. Press here for target creation !'
|
Definisikan marker untuk target |
Anda akan diarahkan ke website Vuforia. Login untuk masuk ke akun Anda.
Pertama klik 'Add License Key' pada 'License Manager' untuk membuat
lisensi. Lisensi ini nantinya berkaitan dengan harga yang harus Anda
bayar. Tenang saja, untuk tutorial kali ini Anda dapat menggunakan
license free.
|
License manager pada Vuforia |
Pada lisensi ada kode yang harus Anda letakkan di code Anda. Copy semua
kode tadi kemudian masukkan di ARCamera pada project Anda
|
Lisensi Vuforia |
Masukkan ke ARCamera
|
Masukkan license ke ARCamera |
Kemudian definisikan marker pada image target. Pada bagian 'Target Manager' klik 'Add Database'.
|
Tambahkan database |
Masukkan nama database, kemudian upload marker. Marker yang Anda Upload akan ditampilkan dan diberi rating
|
Marker yang di upload di Vuforia |
Kali ini saya menggunakan marker berikut, Anda dapat menggunakan marker lain.
|
Marker |
Setelah selesai download datasetnya, pilih 'Unity Editor'. Kemudian Anda akan mendapatkan file dengan ekstensi .unitypackage.
|
File .unitypackage berisi dataset marker |
Langkah 6 : Import file dataset dengan double click file
dataset dengan ekstensi .unitypackage yang Anda dapatkan dari Vuforia.
Kemudian tentukan dataset yang digunakan pada ImageTarget
|
Tentukan dataset pada Image Target |
Taruh object yang akan dimunculkan pada AR di atas Image Target. Buat
object tersebut menjadi child dari ImageTarget. Pada contoh ini saya
memakai object cube dengan klik GameObject >> 3D Object >>
Cube
|
Menletakkan object AR |
Konfigurasi ARCamera untuk me load dataset
|
Konfigurasi ARCamera untuk me-load dataset |
Langkah 7 : Jalankan project dengan klik File >>
Build Settings >> Build. Copy file .apk ke device Android Anda dan
jalankan aplikasinya
|
Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia |
|
Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia |
Selesai sudah tutorial saya hari ini, semoga artikel ini bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar