Jumat, 23 September 2016

cara membuat aplikasi augmented reality dengan blender

membuat aplikasi augmented reality dengan blender

cara membuat sebuah object bergerak yang telah saya buat pada aplikasi blender.
Jadi teman-teman juga harus menyiapkan alat tempurnya.
1. Unity
2. package unity vuforia
3. database target
4. gambar target
5. object 3d blender (sudah di animasikan.
Setelah semua peralatan lengkap kita bisa memulainya.
langkah pertama adalah buka dulu object yang kita buat di blender kemudian export ke format fbx dan export juga texture-texture yang kita pakai pada object kita. Caranya adalah pilih file - export - auto desk FBX

Kemudian Simpan
Setelah itu untuk mengeksport atau unpack texturnya gunakan menu file - external data - unpack all into files.Bila ada tanda centang pada automaticaly pack into .blend hilangkan dulu tanda centangnya.
Kemudian pilih use file in curent directory
Nah dengan ini maka object yang akan kita masukan sudah siap. Sekarang kita buka aplikasi unitinya dan kemudian buat project baru.
Setelah kita buat project baru jangan lupa untuk import package yang sudah kita download dari vuforia. Sekalian dengan databas target package nya dengan cara pilih menu Assets -> Import package-> custom Package. Setelah itu cari dimana anda menyimpan kedua package tersebut setelah itu klik tombol all kemudian import
Begitu juga dengan package image target kita.
Setelah itu hapus Main kamera kemudian ganti dengan AR Camera yang berada didialam folder Prefabs. Selain itu masukan juga image target seperti yang tampak pada gambar.
Setelah selesai jangan lupa di atur untuk cameranya seperti gambar berikut
Setelah itu buat folder baru Folder Assets disini saya memberinama assets kemudian masukan / copykan file fbx dan juga texturnya.
Setelah objek dimasukan sekarang kita atur file fbxnya terlebih dahulu. Dengan cara select file fbxnya kemudian liat di properties di samping kanan. Disana ada 3 tab yang harus kita atur.
Untuk pengaturannya lihat gambar berikut ini. Dan jangan lupa untuk klik tombol Apply setiap kita mengubah settingannya.
Setelah file fbx di atur sedemikian rupa.
Masukan file fbxnya kemudian atur ukuran san posisinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

segmenting targeting positioning dalam produk shampo pantene

Contoh Produk Shampo Pantene Segmentasi : Produk shampo pantene sangat cocok digunakan bagi para perempuan maupun laki-laki di usia remaja ...